Siapa di sini yang susah makan sayur dan buah? Rugi banget, lho! Kamu harus tahu mengapa konsumsi sayur dan buah itu wajib bagi tubuhmu. Simak, yuk, supaya kamu jadi rajin konsumsi sayur dan buah!

Mengutip salah satu penelitian di Oxford Academic, sayur dan buah termasuk ke dalam makanan yang dianggap sehat secara universal. Nah, ini dia 10 alasan kamu harus konsumsi sayur dan buah:

1. Bermanfaat untuk Keberagaman Microbiome
Tahukah kamu tubuh manusia tidak hanya terdiri dari sel-sel, tetapi juga dihuni oleh sekumpulan mikroorganisme yang dikenal sebagai microbiome?

Microbiome terdiri dari bakteri, virus, jamur, archaea, dan lain sebagainya, yang berada dalam jumlah tertentu di tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Semakin beragam microbiome, semakin baik pula bagi tubuh karena keanekaragaman microbiome dapat mencegah patogen datang.

Kok, bisa sayur dan buah membuat microbiome jadi beragam? Penelitian berjudul Gut microbiome changes induced by a diet rich in fruits and vegetables mengungkap bahwa asupan makanan menjadi penentu terbesar komposisi spesies dan keluaran fungsional dari mikroorganisme yang hidup di tubuh manusia, terutama di usus.

Semakin banyak jenis sayur dan buah yang kamu konsumsi akan semakin menentukan jenis mikroorganisme yang dapat melakukan perkembangbiakan, koloni, bahkan menghilang.

Ada beberapa kandungan dalam sayur dan buah yang sangat menentukan hidup mikroorganisme, yaitu dapat memperkaya spesies mikroba tertentu dan meningkatkan keberagaman microbiome. Kandungan tersebut adalah polifenol, oligosakarida, dan serat.

Kalau tidak percaya, kamu bisa mengecek keragaman microbiome kulitmu dengan Biome Scan sebelum dan sesudah membiasakan makan buah dan sayur. Pasti hasil setiap orang berbeda!

Baca Juga: Apa yang Bisa Kamu Ketahui dari Hasil Biome Scan?

2. Makanan yang Mudah Dikonsumsi

Sayur dan buah sangat mudah dikonsumsi karena bisa langsung dimakan tanpa perlu dimasak atau diolah. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi kamu yang punya jadwal dan rutinitas padat. Jadi, masih ada alasan kamu tidak mengonsumsi sayur dan buah?

3. Makanan Rendah Kalori dan Lemak
Mayoritas sayur dan buah rendah kalori dan lemak. Jadi, kamu bisa mengonsumsinya dalam jumlah banyak dan merasa kenyang tanpa khawatir berat badan akan naik akibat lemak dan kalori berlebih.

Hanya sedikit sayur dan buah yang mengandung kalori dan lemak tinggi, di antaranya alpukat, zaitun, dan kelapa. Jadi, buah tersebut cocok bagi kamu yang ingin menambah berat badan.

Baca Juga: Tingkatkan Imunitas dengan Konsumsi 10 Makanan Ini

4. Mengandung Banyak Serat

Serat diperlukan tubuh, antara lain untuk melancarkan sistem pencernaan, mencegah obesitas, menurunkan berat badan, menjaga kadar gula dalam darah, menurunkan risiko kanker dan usus besar, serta menurunkan kadar kolesterol. Kamu dapat memenuhi kebutuhan serat dengan mengonsumsi sayur dan buah.

Ini beberapa sayur yang mengandung serat tinggi:

Ubi jalar
Wortel
Brokoli
Kubis Brussel
Asparagus
Kembang kol
Bayam
Kale
Sedangkan buah yang mengandung serat tinggi antara lain:
Belimbing
Naga
Pepaya
Mangga
Alpukat
Jambu
Nanas
Pir hijau
Pisang

5. Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral
Tak hanya serat, tubuh juga memerlukan banyak vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatanmu, lho. Vitamin dan mineral akan membuat lancar proses metabolisme tubuh dan memperkuat fungsi organ tubuh.

6. Dapat Mencegah Berbagai Penyakit

Sayur dan buah perlu dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan tidak terserang penyakit.

Jika kebutuhan akan vitamin dan mineral terpenuhi, proses metabolisme dan produksi kekebalan tubuh akan selalu prima. Dengan kondisi prima, tubuh siap melawan berbagai patogen penyebab penyakit yang menyerang tubuh.

Contoh kandungan dalam sayur dan buah adalah fitokimia, yaitu zat aktif biologis yang dapat membantu melindungi dari beberapa penyakit seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, stroke, jantung, dan kanker.

Dilansir dari buku berjudul Postharvest Handling (Third Edition), konsumsi buah dan sayur juga kemungkinan bisa menunda penyakit yang berkaitan dengan usia,

7. Dapat Mengobati Penyakit
Jika kamu terserang penyakit, kamu akan disarankan oleh dokter untuk banyak mengonsumsi sayur dan buah karena sayur dan buah merupakan obat alami yang mampu menyembuhkan penyakitmu.

Hampir semua sayur dan buah memiliki manfaat pengobatan penyakit karena terkandung bahan yang dapat membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit, terutama yang banyak mengandung vitamin C.

Beberapa sayur dan buah yang tinggi akan kandungan vitamin C ialah brokoli, bayam, kale, jambu biji, stroberi, blackcurrants, dan kiwi.

Baca Juga: Benarkah Ungkapan “An Apple A Day Keeps The Doctor Away”?

8. Tidak Mengandung Bahan Berbahaya bagi Tubuh

Umumnya, sayur dan buah tidak mengandung bahan berbahaya karena kandungan sayur dan buah terdiri dari vitamin, mineral, potasium, vitamin A, vitamin C, vitamin B, folat, karotenoid, beta karoten, lutein, isothiocyanates, isoflavon, dan vitamin K. Sayur dan buah juga mengandung lemak jenuh, garam, dan gula yang rendah.

Namun, yang perlu diingat ialah apapun yang berlebihan selalu tidak baik, ya. Terlepas dari banyaknya manfaat yang dimiliki sayur dan buah, penting untuk memperhatikan jumlah asupan normal dan seimbang yang masuk ke dalam tubuh.

9. Sayur dan Buah Mudah Didapatkan
Beruntunglah kamu karena tinggal di Indonesia yang memiliki tanaman penghasil sayur dan buah yang beragam jenis dan kandungannya! Hasil sayur dan buah tersebut dapat dengan mudah didapatkan di manapun, baik di desa atau kota, di pasar tradisional maupun supermarket, dan bahkan di toko online.

10. Mudah Diolah Jadi Apapun

Bagi kamu yang tidak terbiasa mengonsumsi sayur dan buah mungkin sulit memulainya. Namun, kamu bisa mencoba berbagai cara, kok. Sayur dan buah adalah jenis makanan yang memiliki banyak cara pengolahan, mulai dari salad, rujak, cream soup, sup buah, jus, smoothies, jelly atau agar-agar, es krim, dan sebagainya. Konsumsi buah dan sayur tak mesti dalam bentuk segar, lho. Kamu bisa mulai dengan memilih olahan sayur dan buah yang kamu sukai saja.

Masih ragu mengonsumsi sayur dan buah? Sebelum kamu menemui masalah pencernaan dan gangguan kesehatan lainnya, yuk, kita terapkan pola hidup sehat, konsumsi sayur dan buah agar kita selalu sehat dan kebutuhan gizi kita terpenuhi!

Masih penasaran dengan informasi terkait microbiome, kesehatan usus, sistem imun tubuh, dan mindfulness? Yuk, mampir ke Nusantics Blog!